Judul Jurnal : Pengaruh
Kualitas Produk dan Kualitas Layanan terhadap Kepuasan
Konsumen dan Minat Beli pada Ranch Market (Pondok Indah).
Jurnal Riset Manajemen Sains
Indonesia (JRMSI) |Vol. 3, No. 1, 2012
Pengarang : Basrah
Saidani dan Samsul Arifin
LATAR BELAKANG
Industri
ritel merupakan industri yang strategis dalam kontribusinya terhadap
perekonomian Indonesia. Dalam konteks global, potensi pasar ritel Indonesia
tergolong cukup besar. Industri ritel memiliki kontribusi terbesar kedua
terhadap pembentukan Gross Domestic Product (GDP) setelah industri
pertanian. Selain itu, dilihat dari sisi pengeluaran, GDP yang ditopang oleh
pola konsumsi juga memiliki hubungan erat dengan industri ritel. Hal inilah
yang diyakini menjadi daya dorong pemulihan pertumbuhan ekonomi Indonesia pasca
krisis tahun 1998.
Sejak
tahun 1998, peta industri ritel mengalami perubahan besar terutama setelah
Pemerintah melakukan liberalisasi. Liberalisasi ditandai dengan
ditandatanganinya letter of intent dengan IMF yang memberikan peluang
investasi kepada pihak asing untuk masuk dalam industri ritel. Sejak saat itu,
peritel-peritel asing mulai berdatangan dan meramaikan industri ritel
Indonesia. Peritel asing sangat aktif untuk melakukan investasi terutama dalam
skala besar seperti hipermarket dan Department Store. Salah satu
contohnya adalah Continent, Carrefour, Walmart, Yaohan, Lotus, Mark &
Spencer, Sogo, Ranch Market 99, Makro, Seven Eleven, dll.
Sebagai
supermarket yang berupaya untuk memberikan pelayanan yang tertinggi
kepada pelangganya, Ranch Market menyediakan tempat pelanggan untuk
menyampaikan keluhan mereka apabila mereka mengalami ketidak nyamanan dalam
berbelanja. Disetiap toko terdapat Customer Service sebagai tempat
pengaduan keluhan dan juga pusat informasi yang membantu pelanggan, selain
dengan menyatakan keluhannya langsung ke petugas cutsomer service,
pelanggan juga dapat menghubungi customer service untuk menyatakan
keluhan dan juga untuk sekedar mendapat informasi.
TUJUAN PENELITIAN
Tujuan penelitian
ini yaitu :
1.
Untuk mendapatkan deskripsi kualitas pelayanan,
kualitas produk, kepuasan konsumen dan minat pembelian ulang di Ranch Market
Pondok Indah.
2.
Untuk menguji secara empiris pengaruh kualitas
pelayanan dan kualitas produk terhadap minat beli ulang melalui mediasi
kepuasan konsumen di Ranch Market Pondok Indah.
3.
Untuk menguji secara empiris pengaruh kualitas
produk dan kualitas layanan terhadap kepuasan konsumen di Ranch Market Pondok
Indah.
4.
Untuk menguji secara empiris pengaruh kualitas
produk dan kualitas layanan terhadap minat beli ulang di Ranch Market Pondok
Indah.
5.
Untuk menguji secara empiris pengaruh kepuasaan
konsumen terhadap minat beli ulang di Ranch Market Pondok Indah.
KAJIAN TEORI
Kualitas Produk
Menurut
Kotler and Armstrong (2012:283) arti dari kualitas produk adalah “the
ability of a product to perform its functions, it includes the product’s
overall durability, reliability, precision, ease of operation and repair, and
other valued attributes” yang artinya kemampuan sebuah produk dalam
memperagakan fungsinya, hal itu termasuk keseluruhan durabilitas, reliabilitas,
ketepatan, kemudahan pengoperasian dan reparasi produk juga atribut produk
lainnya.
Kualitas Layanan
Menurut Tjiptono (dalam Aditya, 2011 : 23) Kualitas
jasa merupakan sesuatu yang dipersepsikan oleh pelanggan. Pelanggan akan
menilai kualitas sebuah jasa yang dirasakan berdasarkan apa yang mereka
deskripsikan dalam benak mereka. Pelanggan akan beralih ke penyedia jasa lain
yang lebih mampu memahami kebutuhan spesifik pelanggan dan memberikan layanan
yang lebih baik.
Kepuasan Konsumen
Menurut hal yang diungkapkan Zeithaml & Bitner
(2008:110) mendefinisikan kepuasan pelanggan sebagai respon pelanggan terhadap
evaluasi ketidaksesuaian yang dirasakan antara harapan dan kinerja aktual jasa.
Sementara menurut Dutka (dalam Melinda, 2008:11) terdapat tiga dimensi dalam
mengukur kepuasan pelanggan secara universal yaitu :
1.
Attributes related to product yaitu
dimensi kepuasan yang berkaitan dengan atribut dari produk seperti penetapan
nilai yang didapatkan dengan harga, kemampuan produk menentukan kepuasan, benefit
dari produk tersebut.
2.
Attributes related to service yaitu
dimensi kepuasan yang berkaitan dengan atribut dari pelayanan misalnya dengan
garansi yang dijanjikan, proses pemenuhan pelayanan atau pengiriman, dan proses
penyelesaian masalah yang diberikan.
3.
Attributes related to purchase yaitu
dimensi kepuasan yang berkaitan dengan atribut dari keputusan untuk membeli
atau tidaknya dari produsen seperti kemudahan mendapat informasi, kesopanan
karyawan dan juga pengaruh reputasi perusahaan.
Minat Beli
Ulang
Minat beli adalah tahap kecenderungan responden untuk
bertindak sebelum keputusan membeli benar-benar dilaksanakan. Terdapat
perbedaan antara pembelian aktual dan minat pembelian ulang. Bila pembelian
aktual adalah pembelian yang benar-benar dilakukan oleh konsumen, maka minat
pembelian ulang adalah niat untuk melakukan pembelian kembali pada kesempatan
mendatang (Kinnear & Taylor dalam Iwan Setiawan, 2007:27-42).
HIPOTESIS
H1 : Terdapat pengaruh
yang signifikan antara kualitas produk dan kualitas layanan terhadap minat beli
ulang dengan variabel kepuasan konsumen sebagai mediasi.
H2 : Terdapat pengaruh
yang signifikan antara kualitas produk dan kualitas layanan terhadap kepuasan
konsumen.
H3 : Terdapat pengaruh yang
signifikan antara kualitas produk dan kualitas layanan terhadap minat beli
ulang.
H4 : Terdapat pengaruh
yang signifikan antara kepuasan konsumen terhadap minat beli ulang.
METODE
PENELITIAN
Penelitian ini menggunakan desain penelitan eksplanatory
dimana jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian deskriptif
dan kausal. Menurut Maholtra (2009:100) desain kausal adalah penelitian yang
meneliti adanya hubungan yang bersifat sebab akibat dari masing-masing
variabel. Penelitian kausal dilakukan utnuk memperoleh fakta-fakta atau
pengaruh dari masing-masing variabel. Sedangkan desain deskriptif menurut
Maholtra (2009:93) adalah salah satu jenis penelitian konklusif yang bertujuan
untuk mendapatkan bagaimana variabel independen yaitu variabel kualitas produk
dan kualitas layanan dan juga variabel dependen yaitu variabel kepuasan
konsumen dan minat beli ulang.
METODE PENENTUAN POPULASI ATAU SAMPEL
Populasi dalam penelitian ini adalah penduduk
Indonesia asli yang merupakan pelanggan supermarket Ranch Market Pondok
Indah, Jakarta Selatan. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah sampel
non-probabilitas atau tidak acak. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian
ini yaitu menggunakan Convenience Sampling (Cara Dipermudah) dimana
peneliti memiliki kebebasan untuk memilih siapa saja yang dapat dijadikan
sampel sesuai persyaratan dari populasi yang ada. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini adalah metode survei. Jumlah responden yang digunakan dalam
penelitian ini adalah 160 responden.
METODE ANALISIS
Uji Validitas
Uji validitas berguna untuk mengetahui apakah ada
pertanyaan atau pernyataan pada kuisioner yang harus dihilangkan atau diganti
karena dianggap tidak relevan. Uji validitas sering digunakan untuk mengukur
ketepatan suatu item dalam kuisioner, apakah item pada kuisioner
tersebut sudah tepat dalam mengukur apa yang ingin diukur. Dalam rangka
mengetahui uji validitas, dapat digunakan korelasi bivariate pearson atau
product moment jika r hitung > r tabel, maka instrumen atau item pernyataan
berkorelasi signifikan terhadap skor total (dinyatakan valid). Jika r hitung
< r tabel, maka instrumen atau item pernyataan tidak berkorelasi
signifikan terhadap skor total (dinyatakan tidak valid).
Uji Reliabilitas
Uji reliabilitas berguna untuk menetapkan apakah
instrumen, dalam hal ini kuisioner, dapat digunakan lebih dari satu kali,
paling tidak oleh responden yang sama. Uji reliabilitas untuk alternatif
jawaban lebih dari dua menggunakan uji cronbach's alpha, yang nilainya
akan dibandingkan dengan nilai koefisien reliabilitas minimal yang dapat
diterima. Reliabilitas kurang dari 0.6 adalah kurang baik, sedangkan 0.7 dapat
diterima, dan lebih dari 0.8 adalah baik. Jika nilai nilai cronbach's alpha >
0.6, maka instrumen penelitian reliabel. Jika nilai cronbach's alpha <
0.6, maka instrumen penelitian tidak reliabel.
Teknik SEM
Peneliti menggunakan teknik Structural Equation
Modeling (SEM) dengan menggunakan software LISREL 8.80 for Windows. Pemodelan
persamaan struktural (Structural Equation Modeling) dapat dideskripsikan
sebagai suatu analisis yang menggabungkan pendekatan analisis faktor, model
struktural, dan analisis jalur (path analysis). Penelitian ini
menggunakan teknik Confirmatory Factor Analysis atau analisa faktor
konfirmatori pada SEM yang digunakan untuk mengkonfirmasikan
faktor-faktor yang paling dominan dalam suatu kelompok variabel.
KESIMPULAN
Deskripsi kualitas produk, kualitas layanan, kepuasan
konsumen, dan minat beli ulang pada Ranch Market Pondok Indah. Kualitas produk
pada Rach Market cukup baik, kualitas layanan pada Rach Market cukup baik,
namun ada beberapa hal yang harus ditingkatkan, kepuasan konsumen pada Rach
Market sangat baik, hali ini harus dipertahankan agar konsumen selalu merasa
puas, dan minat beli ulang pada Rach Market cukup baik, namun ada bebarapa hal
yang masih harus ditingkatkan lagi.
Terbukti secara empiris kualitas produk dan kualitas
layanan berpengaruh terhadap kepuasan konsumen dan minat beli ulang. Terbukti
secara empiris kualitas produk dan kualitas layanan berpengaruh terhadap
kepuasan konsumen. Terbukti secara empiris kualitas produk dan kualitas layanan
berpengaruh terhadap minat beli ulang. Terbukti secara empiris kepuasan
konsumen berpengaruh terhadap minat beli ulang.
REFERENSI : Basrah Saidani dan Samsul Arifin. 2012. Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Layanan terhadap Kepuasa Konsumen dan Minat Beli pada Ranch Market (Pondok Indah). Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia (JRMSI) |Vol. 3, No. 1.
REFERENSI : Basrah Saidani dan Samsul Arifin. 2012. Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Layanan terhadap Kepuasa Konsumen dan Minat Beli pada Ranch Market (Pondok Indah). Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia (JRMSI) |Vol. 3, No. 1.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar