PROPOSAL
PENELITIAN ILMIAH
1. Latar Belakang
Di era modern ini, alat telekomunikasi
sudah tidak asing lagi bagi masyarakat luas terutama masyarakat di Indonesia.
Berbagai macam merek, harga, produk dan kecanggihan yang ditawarkan di era
modern ini sudah tersedia untuk mempermudah aktifitas masyarakat. Apalagi
dengan adanya pendukung online yang dapat membatu dan mempermudah dalam
menyelesaikan pekerjaan.
Pengaruh pendukung online pada web
site penyedia layanan telekomunikasi saat ini sangatlah berpengaruh dalam
mendapatkan konsumen/pelanggan bagi suatu perusahaan. Tentunya tidak sulit bagi
suatu perusahaan untuk menciptakan web site pada penyedia layanan
telekomunikasinya untuk memenuhi kebutuhan konsumen dengan segala kecanggihan
dan kemajuan teknologi yang sudah ada saat ini. Dengan adanya kemajuan
teknologi telekomunikasi tersebut mengakibatkan konsumen semakin pintar dan
cerdas untuk memilih merk/produk yang sesuai dengan kebutuhannya.
Web site penyedia layanan
telekomunikasi sedang marak belakangan ini. Salah satunya LINE, line adalah
website layanan telekomunikasi yang mirip dengan SMS/BBM (Blackbery Messager)
hanya saja website line difungsikan dengan jaringan internet sehingga pengguna
dapat mengirim pesan teks, pesan suara, mengirim gambar, dan video.Tidak dapat
dipungkiri, saat ini pendukung online pada penyedia layanan telekomunikasi
sangat berpengaruh terhadap kepuasan konsumen, apalagi konsumen dihadapkan
dengan berbagai macam merk/produk.
Penyedia layanan telekomunikasi
seharusnya dapat memahami karakteristik konsumen dan apa yang dibutuhkan oleh
konsumen dengan kemajuan teknologi telekomunikasi yang ada saat ini. LINE bukan
satu-satunya website penyedia layanan telekomunikasi tetapi ada beberapa
diantaranya banyak digunakan oleh konsumen (kakao talk, wechat, dan wahtsapp)
yang kegunaan dan kualitasnya hampir sama.
Dalam penelitian ini, responden yang diteliti yaitu
mahasiswa universitas gunadarma depok. Dimana mahasiswa adalah konsumen yang
dianggap loyal terhadap suatu produk/merek telekomunikasi. Mahasiswa
beranggapan bahwa alat telekomunikasi bukan sekedar untuk komunikasi dengan
pesan teks dan telpon yang hanya bisa mendengarkan suara saja, tetapi dapat
mengirim gambar, video call, mobile tv dan mobile download. Apalagi LINE
menyediakan karakter-karakter unik yang dapat mengekspresikan si pengirim pesan
kepada orang yang dituju (karakter marah, sedih, senyum, dll). Atas dasar
alasan tersebut maka penulis memilih judul ”PENGARUH PENDUKUNG ONLINE PADA WEB SITE LINE PENYEDIA LAYANAN
TELEKOMUNIKASI DALAM MENINGKATKAN LOYALITAS PELANGGAN ( KEPUASAN PELANGGAN,
KESENANGAN PELANGGAN, DAYA GUNA, E-SCAPE DESIGN, DAN DAYA RESPON )” Studi Kasus
pada Mahasiswa Universitas Gunadarma Depok.
2. Tujuan Kegiatan Riset
1.
Menganalisis pengaruh web site LINE terhadap pendukung online.
2.
Menganalisis pengaruh kepuasan pelanggan terhadap pendukung online.
3.
Menganalisis pengaruh kesenangan pelanggan terhadap pendukung online.
4.
Menganalisis pengaruh daya guna terhadap pendukung online.
5.
Menganalisis pengaruh E-scape design terhadap pendukung online.
6.
Menganalisis pengaruh daya respon terhadap pendukung online.
3.
Sasaran Riset
Populasi adalah kumpulan semua
elemen yang menjadi pusat perhatian peneliti. Karena populasi yang ada sangat
besar jumlahnya maka dilakukan pengambilan sampel. Sampel adalah
himpunan/bagian dari populasi yang akan diteliti. Populasi penelitian ini
adalah mahasiswa Universitas Gunadarma Depok menggunakan random sampling yaitu penarikan/pengambilan sampel dimana semua
elemen populasi mempunyai peluang yang sama untuk terpilih menjadi sampel
dengan menetapkan sebanyak 100 orang responden.
H1 : Web site Line berpengaruh positif pada
layanan telekomunikasi terhadap
pendukung online dalam meningkatkan loyalitas pelanggan.
pendukung online dalam meningkatkan loyalitas pelanggan.
H2 : Kepuasan pelanggan berpengaruh positif pada web site LINE terhadap
penyedia pendukung online dalam meningkatkan loyalitas pelanggan.
penyedia pendukung online dalam meningkatkan loyalitas pelanggan.
H3 : Kesenangan pelanggan
berpengaruh positif pada kepuasan pelanggan terhadap
pendukung online dalam meningkatkan loyalitas pelanggan.
pendukung online dalam meningkatkan loyalitas pelanggan.
H4 : Daya guna
berpengaruh positif pada kesenangan pelanggan terhadap pendukung
online.
online.
H5 : E-scape design berpengaruh
positif pada kesenangan pelanggan terhadap
pendukung online dalam meningkatkan loyalitas pelanggan.
pendukung online dalam meningkatkan loyalitas pelanggan.
H6 : Daya respon berpengaruh
positif pada kepuasan pelanggan terhadap
pendukung online dalam meningkatkan loyalitas pelanggan.
pendukung online dalam meningkatkan loyalitas pelanggan.
5.
Metode Pengumpulan Data
Metode
pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan penyebaran kuesioner kepada
responden sebanyak 100 orang dengan populasi mahasiswa Universitas Gunadarma
Depok. Skala pengukuran yang digunakan yaitu skala Likert (skala 1 sampai
dengan 5) dimulai dari sangat tidak setuju sampai sangat setuju.Dimana jika
mendekati nilai 1 maka semakin tidak setuju. Sebaliknya jika mendekati nilai 5
maka semakin setuju.
6.
Alat Analisis Data yang akan Digunakan
1. Uji Validitas
Untuk
mengukur valid atau tidaknya butir sub variabel yang digunakan sebagai alat
ukur dalam kuesioner penelitian.
2. Uji
Reliabilitas
Untuk
menunjukkan reliabel atau tidaknya instrument variabel penelitian yang
digunakan dengan nilai koefisien Cronbach’s Alpha > 0,60.
3. Uji Asumsi
Klasik
Uji
asumsi klasik bertujuan untuk menguji apakah persamaan garis regresi yang
diperoleh linier dan dapat dipergunakan untuk melakukan peramalan atau tidak.
a) Uji
Multikolonieritas
Uji
multikolinieritas bertujuan untuk menguji apakah dalam model regresi adanya
masalah multikolinieritas atau tidak
antar variabel independen (X).
b) Uji
Normalitas
Uji
kenormalan data diperlukan untuk mengetahui apakah sebaran data berditribusi
normal atau tidak pada tiap-tiap variabel. Uji kenormalan data menggunakan uji
Kolmogorov-Smirnov.
4. Analisis
Regresi Berganda
Untuk
menguji nilai dua variabel bebas (X) atau lebih terhadap satu variabel terikat
(Y). Dalam penelitian ini kegunaan analisis regresi berganda untuk mengetahui
ada atau tidaknya pengaruh kualitas produk, citra merek dan promosi Smartphone
Android terhadap loyalitas pengguna Blackberry. Variabel-variabel tersebut
dapat disusun dalam persamaan berikut:
Y
= a + β1X1 + β2X2 + β3X3
+ β4X4 + β5X5 + β6X6
+ ℮
Dimana:
Y = Loyalitas Pelanggan
a
= Konstanta
β1-
β6 = Koefisien regresi yang
hendak ditaksir
X1 = Web site LINE
X2
= Kepuasaan Pelanggan
X3 = Kesenangan Pelanggan
X4
= Daya Guna
X5
= E-scape Design
X6
= Daya Respon
℮ =
error / variabel pengganggu
5. Uji Goodness
of Fit
Untuk
mengukur ketepatan fungsi regresi sampel dalam menaksir nilai aktual. Uji Goodness
of Fit dapat dilakukan dengan metode statistik, yaitu melalui pengukuran
nilai koefisien determinasi, nilai statistik F dan nilai statistik t. Uji
kecocokan model dilakukan dengan uji F.
a) Koefisien
Determinasi (R2)
Untuk
melihat berapa besar pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen
dapat dilihat dari nilai adjusted R square.
b) Uji
Signifikansi Simultan (Uji F)
Uji
signifikansi simultan (F) yang digunakan untuk menentukan hubungan antara
variabel terikat dengan variabel bebas yaitu kualitas produk (X1),
citra mere (X2) dan promosi (X3) secara simultan terhadap
variabel terikat yaitu loyalitas pengguna blackberry (Y). Dengan tingkat
kepercayaan sebesar 95% atau taraf signifikansi sebesar 5%, maka :
·
Jika F hitung > F tabel , maka H0
ditolak, berarti masing-masing variabel bebas secara bersama-sama mempunyai
pengaruh yang signifikan terhadap variabel terikat.
·
Jika F hitung < F tabel , maka H0
diterima, berarti masing-masing variabel bebas secara bersama-sama tidak
mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap variabel terikat.
c) Uji
Parsial (Uji t)
Uji
parsial (uji t) digunakan untuk menguji signifikansi konstanta dari setiap
variabel independen, apakah kualitas produk (X1), citra merek (X2)
dan promosi (X3) benar-benar berpengaruh secara parsial terhadap
variabel dependennya yaitu loyalitas pengguna blackberry (Y). Kriteria pengujian
dengan tingkat signifikansi (α) = 0,05 ditentukan sebagai berikut :
-
t hitung < t tabel, maka H0 diterima
-
t hitung > t tabel, maka H0 ditolak
7. Personil Pelaksana Kegiatan Riset
Nama : Hendro Budiyono
Jenis Kelamin : Laki-Laki
Pekerjaan : Mahasiswa
Penelitian Tentang : Pemasaran (Marketing)
Judul Penelitian : Pengaruh Pendukung
Online Pada Web Site Line Penyedia Layanan
Telekomunikasi Dalam Meningkatkan Loyalitas Pelanggan
( Kepuasan Pelanggan, Kesenangan Pelanggan, Daya Guna, E-Scape
Design, Dan Daya Respon ) Studi Kasus Pada Mahasiswa
Universitas Gunadarma Depok.
Telekomunikasi Dalam Meningkatkan Loyalitas Pelanggan
( Kepuasan Pelanggan, Kesenangan Pelanggan, Daya Guna, E-Scape
Design, Dan Daya Respon ) Studi Kasus Pada Mahasiswa
Universitas Gunadarma Depok.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar