Kamis, 17 Juli 2014

PROPOSAL PENELITIAN




PROPOSAL PENELITIAN ILMIAH
1. Latar Belakang
Di era modern ini, alat telekomunikasi sudah tidak asing lagi bagi masyarakat luas terutama masyarakat di Indonesia. Berbagai macam merek, harga, produk dan kecanggihan yang ditawarkan di era modern ini sudah tersedia untuk mempermudah aktifitas masyarakat. Apalagi dengan adanya pendukung online yang dapat membatu dan mempermudah dalam menyelesaikan pekerjaan.
Pengaruh pendukung online pada web site penyedia layanan telekomunikasi saat ini sangatlah berpengaruh dalam mendapatkan konsumen/pelanggan bagi suatu perusahaan. Tentunya tidak sulit bagi suatu perusahaan untuk menciptakan web site pada penyedia layanan telekomunikasinya untuk memenuhi kebutuhan konsumen dengan segala kecanggihan dan kemajuan teknologi yang sudah ada saat ini. Dengan adanya kemajuan teknologi telekomunikasi tersebut mengakibatkan konsumen semakin pintar dan cerdas untuk memilih merk/produk yang sesuai dengan kebutuhannya.
Web site penyedia layanan telekomunikasi sedang marak belakangan ini. Salah satunya LINE, line adalah website layanan telekomunikasi yang mirip dengan SMS/BBM (Blackbery Messager) hanya saja website line difungsikan dengan jaringan internet sehingga pengguna dapat mengirim pesan teks, pesan suara, mengirim gambar, dan video.Tidak dapat dipungkiri, saat ini pendukung online pada penyedia layanan telekomunikasi sangat berpengaruh terhadap kepuasan konsumen, apalagi konsumen dihadapkan dengan berbagai macam merk/produk.
Penyedia layanan telekomunikasi seharusnya dapat memahami karakteristik konsumen dan apa yang dibutuhkan oleh konsumen dengan kemajuan teknologi telekomunikasi yang ada saat ini. LINE bukan satu-satunya website penyedia layanan telekomunikasi tetapi ada beberapa diantaranya banyak digunakan oleh konsumen (kakao talk, wechat, dan wahtsapp) yang kegunaan dan kualitasnya hampir sama.
Dalam penelitian ini, responden yang diteliti yaitu mahasiswa universitas gunadarma depok. Dimana mahasiswa adalah konsumen yang dianggap loyal terhadap suatu produk/merek telekomunikasi. Mahasiswa beranggapan bahwa alat telekomunikasi bukan sekedar untuk komunikasi dengan pesan teks dan telpon yang hanya bisa mendengarkan suara saja, tetapi dapat mengirim gambar, video call, mobile tv dan mobile download. Apalagi LINE menyediakan karakter-karakter unik yang dapat mengekspresikan si pengirim pesan kepada orang yang dituju (karakter marah, sedih, senyum, dll). Atas dasar alasan tersebut maka penulis memilih judul PENGARUH PENDUKUNG ONLINE PADA WEB SITE LINE PENYEDIA LAYANAN TELEKOMUNIKASI DALAM MENINGKATKAN LOYALITAS PELANGGAN ( KEPUASAN PELANGGAN, KESENANGAN PELANGGAN, DAYA GUNA, E-SCAPE DESIGN, DAN DAYA RESPON )” Studi Kasus pada Mahasiswa Universitas Gunadarma Depok.


2. Tujuan Kegiatan Riset
1. Menganalisis pengaruh web site LINE terhadap pendukung online.
2. Menganalisis pengaruh kepuasan pelanggan terhadap pendukung online.
3. Menganalisis pengaruh kesenangan pelanggan terhadap pendukung online.
4. Menganalisis pengaruh daya guna terhadap pendukung online.
5. Menganalisis pengaruh E-scape design terhadap pendukung online.
6. Menganalisis pengaruh daya respon terhadap pendukung online.

3. Sasaran Riset
Populasi adalah kumpulan semua elemen yang menjadi pusat perhatian peneliti. Karena populasi yang ada sangat besar jumlahnya maka dilakukan pengambilan sampel. Sampel adalah himpunan/bagian dari populasi yang akan diteliti. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Gunadarma Depok menggunakan random sampling yaitu penarikan/pengambilan sampel dimana semua elemen populasi mempunyai peluang yang sama untuk terpilih menjadi sampel dengan menetapkan sebanyak 100 orang responden.

4. Hipotesis
H1        : Web site Line berpengaruh positif pada layanan telekomunikasi terhadap 
              pendukung online dalam meningkatkan loyalitas pelanggan.
H2        : Kepuasan pelanggan berpengaruh positif pada web site LINE terhadap 
              penyedia pendukung online dalam meningkatkan loyalitas pelanggan.
H3        : Kesenangan pelanggan berpengaruh positif pada kepuasan pelanggan terhadap 
              pendukung online dalam meningkatkan loyalitas pelanggan.
H4        : Daya guna berpengaruh positif pada kesenangan pelanggan terhadap pendukung  
              online.
H5          : E-scape design berpengaruh positif pada kesenangan pelanggan terhadap 
              pendukung online dalam meningkatkan loyalitas pelanggan.
H6          : Daya respon berpengaruh positif pada kepuasan pelanggan terhadap 
              pendukung online dalam meningkatkan loyalitas pelanggan.

5. Metode Pengumpulan Data
Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan penyebaran kuesioner kepada responden sebanyak 100 orang dengan populasi mahasiswa Universitas Gunadarma Depok. Skala pengukuran yang digunakan yaitu skala Likert (skala 1 sampai dengan 5) dimulai dari sangat tidak setuju sampai sangat setuju.Dimana jika mendekati nilai 1 maka semakin tidak setuju. Sebaliknya jika mendekati nilai 5 maka semakin setuju.

6. Alat Analisis Data yang akan Digunakan
1. Uji Validitas
Untuk mengukur valid atau tidaknya butir sub variabel yang digunakan sebagai alat ukur dalam kuesioner penelitian.
2. Uji Reliabilitas
Untuk menunjukkan reliabel atau tidaknya instrument variabel penelitian yang digunakan dengan nilai koefisien Cronbach’s Alpha > 0,60.
3. Uji Asumsi Klasik
Uji asumsi klasik bertujuan untuk menguji apakah persamaan garis regresi yang diperoleh linier dan dapat dipergunakan untuk melakukan peramalan atau tidak.
      a)      Uji Multikolonieritas
Uji multikolinieritas bertujuan untuk menguji apakah dalam model regresi adanya masalah  multikolinieritas atau tidak antar variabel independen (X).
      b)      Uji Normalitas
Uji kenormalan data diperlukan untuk mengetahui apakah sebaran data berditribusi normal atau tidak pada tiap-tiap variabel. Uji kenormalan data menggunakan uji Kolmogorov-Smirnov.
4. Analisis Regresi Berganda
Untuk menguji nilai dua variabel bebas (X) atau lebih terhadap satu variabel terikat (Y). Dalam penelitian ini kegunaan analisis regresi berganda untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh kualitas produk, citra merek dan promosi Smartphone Android terhadap loyalitas pengguna Blackberry. Variabel-variabel tersebut dapat disusun dalam persamaan berikut:
Y = a + β1X1 + β2X2 + β3X3 + β4X4 + β5X5 + β6X6 +
Dimana:
Y         = Loyalitas Pelanggan
a          = Konstanta
β1- β6  = Koefisien regresi yang hendak ditaksir
X1       = Web site LINE
X2       = Kepuasaan Pelanggan
X3       = Kesenangan Pelanggan
X4       = Daya Guna
X5       = E-scape Design
X6       = Daya Respon
         = error / variabel pengganggu
5. Uji Goodness of Fit
Untuk mengukur ketepatan fungsi regresi sampel dalam menaksir nilai aktual. Uji Goodness of Fit dapat dilakukan dengan metode statistik, yaitu melalui pengukuran nilai koefisien determinasi, nilai statistik F dan nilai statistik t. Uji kecocokan model dilakukan dengan uji F.
      a)      Koefisien Determinasi (R2)
Untuk melihat berapa besar pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen dapat dilihat dari nilai adjusted R square.
      b)      Uji Signifikansi Simultan (Uji F)
Uji signifikansi simultan (F) yang digunakan untuk menentukan hubungan antara variabel terikat dengan variabel bebas yaitu kualitas produk (X1), citra mere (X2) dan promosi (X3) secara simultan terhadap variabel terikat yaitu loyalitas pengguna blackberry (Y). Dengan tingkat kepercayaan sebesar 95% atau taraf signifikansi sebesar 5%, maka :
·         Jika F hitung > F tabel , maka H0 ditolak, berarti masing-masing variabel bebas secara bersama-sama mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap variabel terikat.
·         Jika F hitung < F tabel , maka H0 diterima, berarti masing-masing variabel bebas secara bersama-sama tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap variabel terikat.
c)      Uji Parsial (Uji t)
Uji parsial (uji t) digunakan untuk menguji signifikansi konstanta dari setiap variabel independen, apakah kualitas produk (X1), citra merek (X2) dan promosi (X3) benar-benar berpengaruh secara parsial terhadap variabel dependennya yaitu loyalitas pengguna blackberry (Y). Kriteria pengujian dengan tingkat signifikansi (α) = 0,05 ditentukan sebagai berikut :
- t hitung < t tabel, maka H0 diterima
- t hitung > t tabel, maka H0 ditolak

7. Personil Pelaksana Kegiatan Riset
Nama                       : Hendro Budiyono
Jenis Kelamin           : Laki-Laki
Pekerjaan                : Mahasiswa
Penelitian Tentang    : Pemasaran (Marketing)
Judul Penelitian        : Pengaruh Pendukung Online Pada Web Site Line Penyedia Layanan 
                                 Telekomunikasi Dalam Meningkatkan Loyalitas Pelanggan 
                                 ( Kepuasan Pelanggan, Kesenangan Pelanggan, Daya Guna, E-Scape 
                                 Design, Dan Daya Respon ) Studi Kasus Pada Mahasiswa 
                                 Universitas Gunadarma Depok.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar