Minggu, 30 November 2014

PROPOSAL BISNIS JAMUR CRISPY

I. PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang
Di saat ini banyak sekali bermunculan usaha-usaha kecil menengah hingga ke atas dari usaha/industi rumahan dengan tenaga manusia hingga pabrik yang menggunakan mesin produksi. Banyak beredar makanan dimasyarakat yang sifatnya praktis dan cepat saji yang belum tentu menyehatkan bag konsumen yang mengonsumsinya, jenis makanan ini biasanya diproduksi dan dipasarkan oleh pabrik-pabrik makanan.
Makanan enak dan murah begitu banyak menjamur baik itu dipinggir jalan, warung-warung kecil hingga yang besar, pedagang kaki lima dll. Tapi sebagian besar yang disajikan hampir semua sama, yaitu gorengan, cimol, kentang goreng, dll. Tentu konsumen biasanya bosan dan gonta-ganti tempat untuk mendapatkan makanan yang memuaskan dalam artian makanan tersebut enak, bergizi, dan tidak mengandung zat-zat berbahaya bagi tubuh dalam makanan tersebut.
Mengingat adanya peluang yang besar dalam bidang kuliner pada masa yang akan datang, maka kami memutuskan membuat sebuah usaha makanan yang jarang dilakukan orang atau bisa dibilang belum banyak yang menjual makanan tersebut, yaitu usaha “Jamur Crispy”. Hanya beberapa orang saja yang melakukan usaha tersebut, apalagi usaha tersebut adalah usaha/industry rumahan yang dilakukan dengan tenaga manusia, tentu produksinya belum banyak dan pemasarannya belum meluas ke semua daerah.
Jamur Crispy merupakan salah satu jenis makanan cemilan yang saat ini cukup populer di masyarakat. Jamur Crispy termasuk cemilan yang sehat dan jika diolah dengan benar, aman untuk dikonsumsi oleh siapa saja. Kandungan protein yang tinggi dari jamur merupakan daya tarik tersendiri bagi para konsumen untuk mengonsumsi jamur sebagai makanan sehari-hari. Selain diolah menjadi sayur, jamur juga dapat dimanfaatkan untuk menjadi cemilan yang lezat, enak, sehat, baik untuk sistem kekebalan tubuh dan banyak diminati.

1.2  Visi dan Misi Usaha
Visi
Memanfaatkan dan meningkatkan hasil olahan jamur menjadi makanan cemilan yang menyehatkan, lezat, enak, variatif dan banyak diminati konsumen, sehingga memiliki nilai jual yang tinggi dan dapat diterima masyarakat. Mewujudkan usaha/industri rumahan Jamur Crispy sebagai usaha sampingan mahasiswa dengan modal usaha yang tidak terlalu besar.
Misi
  1. Memperkenalkan produk Jamur Crispy kepada konsumen bahwa Jamur Crispy adalah makanan cemilan yang menyehatkan bagi tubuh dan enak untuk dikonsumsi. 
  2. Meningkatkan kualitas produk olahan jamur yang digunakan, rasa, kebersihan dan nilai gizi yang terkandung. 
  3. Melakukan analisis pasar dengan melakukan sasaran pemasaran produk. 
  4. Menciptakan produk yang tahan lama dan bermanfaat bagi masyarakat.

1.3  Prospek Pasar
Di kawasankampus E Univesrsitas Gunadarma Kelapa Dua, Depok belum ada outlet/kedai yang menjual Jamur Crispy. Sampai saat ini bisnis sejenis yang menjual makanan ringan/cemilan sejenis di kawasan kampus E Universitas Gunadarma cukup diminati oleh mahasiswa dan masyarakat sekitar kampus. Rata-rata disekitar kampus makanan ringan yang dijual berupa kentang goreng dan cimol. Untuk itu kami merasa bisnis Jamur Crispy ini masih memiliki celah peluang untuk dapat diminati oleh mahasiswa dan masyarakat sekitar sehubungan dengan belum adanya outlet Jamur Crispy di sekitar kampus E Universitas Gunadarma ini. 

1.4  Manfaat Ekonomi
Usaha ini dapat memberdayakan kami sebagai pengusaha demi meningkatkan taraf hidup yang lebih baik, sehingga kami mendapat pengalaman tentang berbinis dibidang kuliner. Sekaligus kami mendapatkan pembelajaran tentang bagaimana membuat usaha/bisnis dan berorganisasi dalam menjalankannya.

1.5  Manfaat Sosial
Tidak menutup kemungkinan kami akan membuka cabang baru untuk memperluas wilayah pemasaran. Harapan kami setiap tahunnya ada Cabang baru yang akan kami dirikan. Hal ini jelas dapat merekrut dan membuka lapangan pekerjaan baru, sehingga dapat mengurangi angka pengangguran di Indonesia.

 
II. ASPEK PEMASARAN
2.1 Gambaran Umum
  1. Jenis produk yang dipasarkan adalah Jamur Crispy yang lezat, enak dengan harga yang terjangkau dan kompetitif. 
  2. Wilayah pemasaran diwilayah kampus E Universitas Gunadarma Kelapa Dua, Depok untuk sistem penjualan langsung. 
  3. Segmen pasar dari usaha Jamur Crispy ini adalah Mahasiswa/I Universitas Gunadarma kampus E Kelapa Dua, Depok dan sekitarnya.

2.2 Strategi Pemasaran
Strategi pemasaran yang dilakukan :
a)      Keterangan Produk
-       Mutu   : Jamur Crispy yang dipasarkan adalah mutunya terjamin dan berkualitas. Berbeda dari kualitas yang kebanyakan dijual.
-          Kemasan         : Tidak ada kemasan atau masih berlabel.
b)      Harga Produk
-          Harga                          : Rp. 5000/bungkus
-          Syarat pembayaran      : Cash tunai
c)      Jalur Penjualan
Dengan adanya produk yang kami tawarkan di atas, sehingga ada sistem marketing yang kami terapkan yaitu Direct Selling kami akan melakukan penjualan langsung di Universitas Gunadarma Kelapa Dua, Depok dan sekitarnya.

2.3 Target Pasar
Target pasar dalam usaha Jamur Crispy ini adalah untuk semua kalangan khususnya Mahasiswa/i dan sekitar kampus Universitas Gunadarma Kelapa Dua, Depok.

III. ASPEK ORGANISASI
3.1 Aspek Organisasi  
A.    Data Usaha
1.      Nama Produk        : Jamuran Kering Crispy
2.      Bidang Usaha       : Kuliner/Makanan Cemilan
3.      Jenis Produk          : Jamur Crispy
4.      Alamat                  : Jln. Akses UI Kelapa Dua, Depok
5.      No. Telepon          : 085881038049
  : Jamurankering@yahoo.com
  
  : @JamuranKering
  
            B.    Struktur Keanggotaan
CEO
Hendro Budiyono

Manajer Produksi
Ryan Abdillah

Manajer Keuangan
Agung Julianto

Manajer Pemasaran
Adam Faridh Al-Fath

Divisi Bagian Pemasaran
1. Dilla Delima
        2. Rosmiyati Rahayu
   3. Natalia Tobing
   4. Unedo Pragus 
                                                                      5. Renita
 6. Nurul Herlani

Divisi Bagian Keuangan
                                                                     1. Melisa Rosalia
                                                                     2. Ocktavian Whasta
                                                                     3. Anandyo Tri Laksono
                                                                     4. Eka Setyardi

Divisi Bagian Produksi
                                                                     1. Irwan Purnama
                                                                     2. Aan Musbar
                                                                     3. Ahmad Zainal
                                                                     4. Kevin Budiarto
                                                                     5. Danu Ariyanto
                                                                     6. Erwin Irwansyah
3.2 Jumlah Divisi Dan UraianTugas
Tabel 1
URAIAN TUGAS MASING-MASING DIVISI
JABATAN
URAIAN TUGAS
JUMLAH
CEO
Menentukan tugas pelaksanaan kerja yang realistis
1
Menentukan pembagian tugas masing-masing divisi
Divisi Bagian Pemasaran
Bertanggung jawab atas pelaksanaan pemasaran
7
Merencanakan dan mengatur kegiatan pemasaran
Menentukan target dan sasaran penjualan dalam pemasaran produk
Divisi Bagian Keuangan
Merencanakan dan mengatur keuangan
5
Bertanggung jawab atas pencatatan transaksi dan laporan keuangan
Bertanggung jawab atas pencatatan biaya operasional dan kondisi keuangan
Divisi Bagian Produksi
Bertanggung jawab atas proses produksi produk yang dihasilkan
7
Bertanggung jawab atas kualitas produk yang dihasilkan
Menentukan target produk yang akan diproduksi


IV. ASPEK PRODUKSI    
4.1 Produk
Kegunaan utama produk untuk memenuhi kebutuhan cemilan disela waktu istirahat disamping itu makanan cemilan ini tidak menggunakan bahan pengawet, zat-zat yang membahayakan bagi tubuh dan aman untuk dikonsumsi. Untuk menarik minat konsumen, produk dikemas dan disajikan dengan menarik, praktis dan siap dinikmati.

4.2 Proses Produksi
Proses produksi dilakukan secara sederhana.
      1.   Cuci bersih jamur. 
2.   Tiriskan jamur. 
3.   Siapkan tepung bumbu rasa dalam mangkuk. 
4.   Balurkan jamur ke dalam tepung bumbu yang tersedia. 
5.   Panaskan minyak goreng. 
6.   Masukkan jamur ke dalam wajan yang berisi minyak goreng. 
7.   Goreng jamur hingga warnanya keemasan. 
8.   Angkat jamur dan tiriskan.
 
4.3 Kapasitas Produksi
Tabel 2
PERKIRAAN RENCANA PRODUKSI
Hari
Rencana Produksi/hari (dalam unit)
Minggu
Rencana Produksi/minggu (dalam unit)
1
20
1
120
2
20
2
120
3
20
3
120
4
20
4
120
5
20
5
120
6
20
Total/bulan
600


V. ASPEK KEUANGAN

5.1 Modal Untuk Memulai Usaha/Bisnis
Kebutuhan modal untuk memulai usaha, yaitu setiap anggota menginvestasikanRp. 15.000 x 20 orang anggota = Rp. 300.000, sementara kebutuhan produksi per hari pada tabel 3 Perkiraan Modal Usaha/Bisnis yaitu Rp. 166.000/hari untuk biaya produksi dan sisanya digunakan untuk biaya tidak terduga atau bisa digunakan untuk produksi hari berikutnya. Perkiraan produksi per minggu Rp. 166.000 x 6 hari/minggu = Rp. 996.000/minggu, sedangkan untuk per bulannya Rp.996.000 x 5 minggu/bulan = Rp. 4.980.000 untuk kebutuhan produksi per bulan Jamur Crispy.
Tabel 3
PERKIRAAN MODAL USAHA/BISNIS
Bahan Baku
Kebutuhan Rata-Rata Per Hari
Harga Untuk Satu Hari Produksi
Kebutuhan Rata-Rata Per Bulan
Harga Untuk Satu Bulan Produksi
Jamur Tiram
1 Kg
Rp.   16.000
30 Kg
Rp.    480.000
Tepung
2 Bungkus
Rp.   25.000
60 Bungkus
Rp.    750.000
Minyak Goreng Fortune
2 Liter
Rp.   22.000
60 Liter
Rp.    660.000
Bumbu Rasa
9 Ons
Rp.   45.000
270 0ns
Rp. 1.350.000
Cup untuk Kemasan
50 Pcs
Rp.   40.000
1500 Pcs
Rp. 1.200.000
Sumpit
2 Pcs
Rp.    6.000
60 Pcs
Rp.    180.000
Biaya Lain-lain
-
Rp.   12.000
-
Rp.    360.000

Jumlah/hari
 Rp. 166.000
Jumlah/bulan
Rp. 4.980.000

5.2 Proyeksi Laporan Keuangan Awal Usaha
Perkiraan proyeksi laporan keuangan awal usaha dengan asumsi, per bungkus Jamur Crispy dijual seharga Rp. 5.000 x 20 bungkus/hari = Rp. 100.000/hari. Jika proyeksi untuk per minggu penjualan Rp. 5.000 x 120 bungkus/minggu = Rp. 600.000/minggu, sedangkan untuk per bulannya Rp. 100.000 x 30 hari/bulan = Rp. 3.000.000/bulan atau Rp. 600.000 x 5 minggu/bulan = Rp. 3.000.000/bulan.

LAPORAN ARUS KAS JAMUR KERING PER HARI
No
Tanggal
Keterangan
Debit
Kredit
Saldo
1
11/11/2014
Kas
Rp. 270.000

Rp. 270.000
2
11/11/2014
Jamur Tiram (1 Kg)

Rp. 16.000
Rp. 254.000
3
11/11/2014
Tepung (2 Bungkus)

Rp. 25.000
Rp. 229.000
4
11/11/2014
Minyak Goreng Fortune (2 liter)

Rp. 22.000
Rp. 207.000
5
11/11/2014
Bumbu Perasa (2 Ons)

Rp.   8.000
Rp. 199.000
6
11/11/2014
Cup untuk Kemasan (50 Pcs)

Rp. 40.000
Rp. 159.000

LAPORAN ARUS KAS JAMUR KERING PER HARI
No
Tanggal
Keterangan
Debit
Kredit
Saldo
1
12/11/2014
Kas
Rp. 159.000

Rp. 159.000
2
12/11/2014
Dabel tip

Rp.   4.000
Rp. 155.000
3
12/11/2014
Laminating

Rp.   6.000
Rp. 149.000
4
12/11/2014
Print

Rp.   2.000
Rp. 147.000
5
12/11/2014
Sumpit (2 Pcs)

Rp.   6.000
Rp. 141.000
6
12/11/2014
Bumbu Perasa (7 Pcs)

Rp. 35.000
Rp. 106.000
7
12/11/2014
Penjualan 15 Cup
Rp.  75.000

Rp. 181.000
8
12/11/2014
Jamur Tiram (2 Kg)

Rp. 32.000
Rp. 149.000
9
12/11/2014
Tepung (2 Bungkus Besar)

Rp. 33.000
Rp. 116.000
10
12/11/2014
Persediaan Akhir
Rp.  70.100

Rp. 186.100

LAPORAN ARUS KAS JAMUR KERING PER HARI
No
Tanggal
Keterangan
Debit
Kredit
Saldo
1
26/11/2014
Kas
Rp. 306.000

Rp. 306.000
2
26/11/2014
Jamur Tiram (2 Kg)

Rp. 40.000
Rp. 266.000
3
26/11/2014
Tepung (5 Bungkus)

Rp. 32.500
Rp. 233.500
4
26/11/2014
Minyak Goreng Fortune (2 liter)

Rp. 23.000
Rp. 210.500
6
26/11/2014
Cup untuk Kemasan (50 Pcs)

Rp. 13.000
Rp. 197.500

LAPORAN PENJUALAN
Hari
Tanggal
Banyaknya (Cup)
Harga
Jumlah/hari
Rabu
12/11/2014
15
Rp. 5.000
Rp.  75.000
Kamis
13/11/2014
32
Rp. 5.000
Rp. 160.000
Rabu
26/11/2014
26
Rp. 5.000
Rp. 130.000
JUMLAH
Rp. 365.000

LAPORAN ARUS KAS JAMUR KERING (CRISPY)
No
Tanggal
Keterangan
Debit
Kredit
Saldo
1
12/11/2014
Penjualan 15 Cup
 Rp.   75.000

 Rp.   75.000
2
12/11/2014
Pembelian Bahan Baku

 Rp. 65.000
 Rp.   10.000
3
12/11/2014
Kas
 Rp. 116.000

 Rp. 126.000
4
13/11/2014
Aan + Nurul
 Rp.   30.000

 Rp. 156.000
5
13/11/2014
Penjualan 32 Cup
 Rp. 160.000

 Rp. 316.000
6
25/11/2014
Pembelian Bahan Baku

 Rp. 108.500
 Rp. 207.500
7
26/11/2014
Penjualan 26 Cup
 Rp. 130.000

 Rp. 337.500

5.3 Promosi Penjualan Produk

SELEMBARAN PROMOSI PENJUALAN PRODUK


1 komentar:

  1. Sebagai seorang Akuntan Publik, saya telah merekomendasikan klien kepada Tn. Pedro selama bertahun-tahun dengan hasil yang luar biasa. Baru-baru ini saya berkesempatan menggunakan jasanya untuk pinjaman rumah saya, dan sekarang saya tahu mengapa klien saya selalu senang! Dia teliti, tepat waktu, ramah, dan yang terpenting berpengetahuan luas. Saya pasti akan merekomendasikannya untuk waktu yang lama kepada siapa pun yang mencari pinjaman, silakan hubungi Tn. Pedro dan perusahaan pendanaannya, Tn. Pedro adalah petugas pinjaman yang bekerja dengan investor terkemuka yang siap mendanai segala jenis proyek asalkan Anda bersedia melakukan pengembalian dana seperti yang dijanjikan. Berikut adalah informasi kontak Tn. Pedro” pedroloanss@gmail.com WhatsApp +393510140339 .

    BalasHapus